Menjaga Kebersihan Lingkungan Demi Kesehatan Bersama


Menjaga kebersihan lingkungan sudah ditanamkan sejak dini sejak kita masih berada di sekolah dasar, ini berarti menjaga lingkungan agar tetap bersih adalah upaya yang sangat penting agar terhindar dari berbagai macam penyakit, namun ini sering kali diabaikan oleh beberapa orang.

Tidak ada orang yang ingin tinggal di tempat yang kotor namun ada saja yang baru saja menyadari bahwa lingkungannya kotor ketika sudah ada bau-bau busuk dan hewan-hewan berdatangan seperti lalat dan lainnya.

Salah satu penyakit yang datang ketika lingkungan kita kotor adalah demam berdarah di mana penyakit ini disebabkan oleh virus yang dibawa nyamuk dan ditularkan melalui gigitan nyamuk terhadap kulit, adanya nyamuk-nyamuk tadi bisa disebabkan oleh lingkungan yang tidak bersih, banyak genangan air dan bau-bauan busuk tadi.

Demam berdarah sudah menjadi penyakit yang menyerang siapapun dan banyak kasus yang terjadi bahkan yang paling berbahaya adalah penyakit ini menyebabkan meninggal bagi yang si pasien. Gejala yang ditimbulkan oleh demam beradarah adalah empat sampai sepuluh hari setelah gigitan nyamuk pasien akan mengalami demam tinggi mendadak, nyeri pada otot, sakit kepala dan sakit pada bagian belakang mata, mual dan muntah, lelah yang sangat terasa.

Semua gejala itu harus cepat dikenali oleh keluarga maupun kerabat dekat agar bisa ditangani secara cepat karena kalau terlambat sedikit saja akan sangat berbahaya.

Cara mencegah agar gejala demam berdarah tidak terjadi adalah dengan membersihkan bak mandi seminggu sekali karena air merupakan tempat berkembang biak nyamuk yang bertelur pada dinding bak hingga pada akhirnya menjadi nyamuk yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

Tutup perabotan yang menampung air seperti vas bunga, dan wadah lain yang dapat menampung air, gunakan kasa nyamuk berguna untuk mencegah masuknya nyamuk dari luar rumah, menumpuk dan menggantung baju juga dapat menjadi tempat favorit yamuk untuk hinggap, lotion anti nyamuk juga sudah beredar di pasaran sehingga mudah untuk ditemukan sebaiknya kita selalu memakai lotion anti nyamuk agar terhindar dari nyamuk demam berdarah karena mencegah selalu lebih baik dari mengobati.

0 komentar