Pentingnya Menjaga Kebersihan Kulit


Sebagaimana telah kita ketahui bahwa kulit adalah salah satu bagian dari tubuh kita yang mesti kita jaga dan rawat karena rentan oleh penyakit. Sering kali kita mengabaikan hal sepele seperti tidak merawat kulit dengan memakai pelembab bagi wajah lotion untuk melindungi kulit dari sinar uv(ultra violet) atau sinar matahari yang berbahaya.

Penyebab sinar matahari bagi kulit adalah penuaan, akan menyebabkan kerusakan pada lapisan dermis kulit, akan lebih mudah keriput, kendur dan pori-pori membesar. Yang paling berbahaya adalah menyebabkan kanker kulit, disebabkan oleh radiasi sinar uv yang terlalu banyak dan sudah dalam jangka waktu yang lama, kanker kulit saat ini menjadi penyakit yang muncul dengan jumlah pengidap yang banyak.

Agar terhindar dari segala macam penyakit kulit adalah menghindari sinar matahari dari pukul sepuluh pagi sampai pukul dua siang, memakai kaca-mata agar terhindar dari penuaan dini di sekitar mata, memakai lotion atau pelembab yang memiliki SPF atau UVA/UVB minimal dalam angka lima belas dan dipakai dalam setiap dua sampai empat jam sekali meskipun beraktivitas di dalam ruangan memakai pelembab dan lotion memang diperlukan.

Mengonsumsi buah dan sayur-sayuran, menghindari makanan berminyak atau tidak mengonsumsinya terlalu banyak, yang perlu diingat adalah sesuatu yang berlebihan selalu tidak baik, maka dari itu jika kita ingin memakan makanan berminyak, junk food, atau fast food makan secukupnya atau makan sebulan sekali saja untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada kesehatan kulit, perbanyak minum air putih, berolahraga secara rutin, beristirahat dengan cukup, dan menghindari stress yang berlebihan.

Karena jenis kulit berbeda-beda maka perawatan kulit agar sehat pun memiliki banyak cara yang berbeda pula, merawat kulit secara alami maupun memakain produk-produk lain asalkan tidak membahayakan bagi kesehatan kulit sangat dianjurkan. Mau bagaimana pun kulit kita, hitam atau putih itu tidak masalah yang terpenting adalah sehat, kalau kulit kita sehat, beraktivitas pun menjadi tidak ada masalah dan yang terpenting adalah mencegah selalu lebih baik daripada mengobati.

0 komentar