Pecel Belut Dengan Sejuta Gizi


Salah satu makanan khas jawa tengah ini sudah banyak dijajalkan di banyak restoran, pecel belut ini dikenal dengan daging belutnya yang bertekstur lembut dengan rasa yang gurih ada cara-cara tersendiri untuk mengolah masakan belut, belut yang penuh dengan lendir dibersihkan terlebih dahulu dan dibersihkan dengan menghilangkan kotoran belut yang ada. Cara membuat pecel belut adalah dengan menyiapkan terlebih dahulu sambal yaitu teras, cabai rawit, cabai merah, dan bawang merah, dan diulek sampai halus.

Belut yang sudah dibersihkan dan dibaluri dengan bumbu ini dimasak hingga kering. Belut yang sudah matang dituangkan ke dalam cobek berisi sambal terasi yang sudah diulek tadi. Belut sendiri merupakan hewan yang memiliki nilai gizi tinggi dan mengandung nutrisi penting terutama protein. Rasa yang unik telah tercipta dari perpaduan daging belut yang lembut dengan sambal terasi yang khas.

Bagi penikmat kuliner seharusnya pecel belut ini masuk ke dalam daftar yang segera dicicipi, rasa yang khas dan tidak kalah dengen pecel lele yang sering kita dengar atau bahkan yang sering kita konsumsi. Makanan pecel lele ini cocok untuk dikonsumsi siang hari untuk peneman makan siang. Di jawa tengah sendiri sudah banyak restoran yang menjajalkan makanan ini sebagai makanan unggulan dalam menu, karena rasanya yang unik dan khasiat belut yang banyak sekali manfaatnya.

Makanan tradisional ini sudah banyak sekali peminatnya tak kalah dengan makanan-makanan yang sedang trend dan kekinian, biasanya generasi milenial ingin memposting foto-foto berisi makanan yang keren-keren tanpa memedulikan cita rasa padahal jika kita kreatif maka makan-makanan tradisional akan menjadi sebuah objek foto yang menarik untuk dibagikan di media sosial.

Apalagi ketika kita mengangkat kearifan lokal, oleh karena itu kita harus sering-sering melestaraikan kebudayaan indonesia dengan menjaga salah satu bidang yang juga banyak dimanati banyak orang yaiitu bidang kuliner, contohnya pecel belut ini merupakan inovasi baru makanan tradisional yang harus banyak orang tahu bahwa kmakanan ini memiliki cita rasa yang unik.

0 komentar